Resep cara membuat sambal balado cabe hijau

adsense 336x280

Resep cara membuat sambal balado cabe hijau

 

Saat makan belum lengkap jika tanpa sambal. Sambal balado cabe hijau paling nikmat dan menyehatkan. Inilah resep mudah cara membuat sambal balado dengan bahan utama cabe hijau besar. Siapapun tahu bahwa cabe hijau besar merupakan sumber vitamin C, bahkan masih di atas buah jeruk kandungan vitamin C nya. Dengan demikian kebutuhan anda akan vitamin C sudah terpenuhi dengan membiasakan diri makan sambal balado ini. Sambal balado banyak kita temui di tempat makan atau restoran restoran masakan minang dengan tampilan hijau pucat. Yah memang maskan padang mempunyai ciri khas utama dengan sambal baladonya.

Makan tanpa sambal sama saja dengan sayur tanpa garam. bagi pecinta cita rasa pedas tentunya selalu memasukkan menu sambal dalam setiap hidangan makannya. Dengan bahan utama cabe hijau yang kaya vitamin C ini, tentunya semakin menambah semangat anda untuk tetap mengkonsumsi sambal. Dan saat ini, resep sambal yang paling nikmat dan mantap hanya sambal balado hijau khas masakan padang.

Sudah menjadi rahasia umum jika masakan padang asli tentu memasukkan menu sambal balado asli tanah minang ini. Meskipun warnanya kurang menarik, namun cita rasanya mampu menggugah selera makan anda. Untuk dapat membuat sambal balado khas padang, tentunya harus menggunakan cara dan bumbu bumbu sesuai aslinya. Yuk kita bahas bersama cara membuat sambal balado bahan cabe hijau besar ini.

Resep sambal sebenarnya dimiliki oleh setiap daerah di nusantara ini, seperti sambal terasi, sambal bawang, sambal kacang, sambal pecel, dan juga sambal balado yang sekarang lagi kita bahas ini. Sambal juga dapat menerjemahkan dari daerah mana asalnya. Sambal balado khas masakan padang mempunyai tampilan paling beda diantara resep sambal lainnya. Pada umumnya yang namanya sambal mempunyai tampilan warna merah cabe merah dengan bahan utama cabe keriting merah, namun sambal balado mempunyai ciri khas dengan warna hijau kusam.

Cara membuat sambal balado hijau khas masakan padang cukup mudah, yuk mulai mempersiapkan bahan bahan yang akan digunakan, seperti cabe hijau besar, bawang merah, bawang putih, tomat hijau, dan bahan bahan pendukung lainnya. Karena sambal merupakan menu masakan pelengkap Resep Masakan Indonesia asli, maka tentunya cukup mudah mendapatkan bahan bahannya. Inilah resep sambal balado hijau :


Resep cara membuat sambal balado cabe hijau
Resep cara membuat sambal balado cabe hijau

Bahan sambal balado

  • Siapkan cabe hijau besar sebagai bahan utamanya sekitar 200 gram.
  • Bagi maniak pedas, maka dapat ditambahkan dengan cabe rawit hijau sekitar 50 gram.
  • Kupas bawang putih sebanyak 5 siung, ambil yang ukuran besar ya.
  • Jangan lupa kupas juga bawang merah ukuran sedang 3 buah.
  • Bisa juga ditambahkan dengan 3 buah tomat hijau. Tomat hijau merupakan buah tomat yang belum masak.
  • Untuk mengendalikan rasa pedasnya maka masukkan juga 1 buah jeruk nipis dalam resep sambal anda.
  • Jangan lupa siapkan juga gula pasir sekitar 1 sendok teh dan juga garam ± ½ sendok sebagai penyempurna rasa sambal anda.
  • Untuk menumis dapat menggunakan minyak goreng atau bisa juga dengan mentega secukupnya.


Cara membuat sambal balado hijau

  • Sebelum melangkah ke persiapan membuat sambal balado, disarankan untuk mencuci bahan bahannya hingga bersih, kecuali : bawang dan garam.
  • Untuk menjaga kesehatan ada baiknya mengkonsumsi sambal matang, maka sebaiknya kukus dahulu ( bawang putih + bawang merah + cabe hijau + cabe rawit hijau + tomat ).
  • Sambal balado asli tentunya menggunakan ulegan khas padang, bunda dapat menggunakan ulegan biasa aja. Sambal balado masakan padang ini tidak halus halus amat, jadi uleg sekedarnya aja dan jangan terlalu halus, paling baik biji bijinya masih dalam keadaan utuh.
  • Siapkan penggorengan, tuang sedikit minyak untuk menumis, dan gunakan nyala api kompor sedang sedang saja.
  • Tumis semua bahan sambal ( telah di uleg ) sambil di aduk aduk perlahan.
  • Jangan lupa tambahkan gula pasir dan garam secukupnya, aduk aduk tambahkan lagi air jeruk nipisnya
  • Aduk aduk perlahan hingga matang dan angkat.
  • Sambal balado hijau siap menemani makan anda.

Bagaimana bunda, bro, sis, dan remaja putri sekalian, cukup mudah bukan cara membuat sambal balado atau sering juga disebut sebagai sambal lado masakan padang ini. Sambal merupakan sajian pelengkap saat makan. tanpa kehadiran sambal rasanya ada yang kurang. Apa enaknya makan tanpa sambal. adsense 336x280

0 Response to "Resep cara membuat sambal balado cabe hijau"

Post a Comment