Resep Opor Ayam Kuning ala Jawa yang Enak dan Masak Sempurna

adsense 336x280

Resep Opor Ayam Kuning ala Jawa yang Enak dan Masak Sempurna

Resep Opor Ayam Kuning ala Jawa yang Enak dan Masak Sempurna
Resep Opor Ayam Kuning ala Jawa yang Enak dan Masak Sempurna

 

Cara membuat opor ayam yang enak gampang-gampang susah. Kalau baru pertama kali praktek resep opor ayam di rumah kemungkin tidak langsung berhasil, kadang masalahnya di rasanya, warnanya yang tidak kuning dan tidak juga merah, atau pun pada ayamnya yang kadang ada yang a lot / terlalu keras dan kadang juga karena terlalu empuk sehingga membuat ayamnya jadi hancur.

Nah pada resep ini anda tidak hanya akan tau apa bumbu dan bahan yang digunakan tapi juga pada cara memasak dan juga tips-tips dalam membuat hidangan opor ayam yang enak dan lezat. Dan anda wajib tahu bahwa bumbu dan bahannya serta proses buatnya kami kutip langsung dari SajianSedap yang mana sudah menjalani proses percobaan sebelumnya, kecuali pada tipsnya kami dapatkan dari pengalaman penulis dan juga berbagai sumber terpercaya yang sudah pengalaman soal masakan Indonesia.

Kunci dari kelezatan hidangan asli Indonesia ini sebenarnya ada pada kuah santannya. Karenanya pemilihan kelapa yang tepat juga mempengaruhi rasanya. Pastikan pilih jenis kelapa yang sudah tua agar santan yang dihasilkan lebih berkualitas.

Dan adapun pada ayamnya, jika digunakan ayam broiler/potong maka pastikan masak dengan menggunakan api sedang agar tidak hancur, kecuali jika menggunakan ayam kampong maka yang digunakan adalha api kecil agar dagingnya bisa empuk. Ini sudah dipraktekkan sendiri penulis sama istri ketika praktek sendiri di rumah yang mana kami hanya menyalakan kompor dengan api kecil kemudian melakukan aktifitas lain, begitu kuahnya sudah agak surut barulah kita hentikan. Hasilnya lumayan empuk dan juga tidak hancur sebagaimana yang kami khawatirkan. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.




Resep Opor Ayam Kuning


Ada 3 tahapan yang harus dilakukan dalam membuat opor ayam ini, yakni mempersiapkan bumbu-bumbunya sesuai dengan takaran yang telah ditentukan, mengolah bumbu halus untuk kuahnya, dan terakhir melakukan proses masaknya hingga selesai dan bisa dihidangkan untuk tamu maupun keluarga.

Bahan:


  • 1 ekor ayam, potong sesuai selera.
  • 2 lbr daun salam kering.
  • 4 lbr daun jeruk, bersihkan dan buang tulang daunnya
  • 2 btng serai, buang daunnya dan ambil putihnya, lalu memarkan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdt minyak untuk bahan menumis
  • 1/2 sdm garam
  • 1.000 ml santan yang dihasilkan dari 1 buah kelapa
Untuk ayam besar yang digunakan bisa dipotong dengan cara dibelah 2 dulu dan setelah itu masing-masing bagian dipotong menjadi 8. Sedangkan untuk mericanya anda bisa menumbuk sendiri yang masih dalam bentuk biji atau menggunakan yang bentuk sachet yang memang dari merica asli, bukan yang palsu yang sekarang ini banyak dioplos dari merica yang terbuat dari semen.

Bumbu Halus:


  • 4 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 5 butir kemiri yang disangrai
  • 1/4 sdt jinten
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • 5 cm kunyit yang telah dibakar


Aroma dan wangi dari opor ayam kuning yang dibuat sangat dipengaruhi oleh penggunaan ketumbarnya. Usahakan jangan dimasak terlalu lama, dan bila kurang puas bisa ditambahkan sedikit lagi asalkan tidak berlebihan dan malah membuat rasanya terlalu keras.




Cara memasak opor ayam kuning :


Berikut adalah langkah dalam memasak opor dengan menggunakan bahan dan bumbu di atas. Simple sekali jika bahan halusnya sudah diolah terlebih dahulu karena tinggal dimasak bersama bahan campuran yang tidak dihaluskan.

  • Tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, daun jeruk, dan juga serai hingga terasa harum.
  • Kemudian masukkan ayam yang telah dipotong-potong dan dicuci bersih. Aduk sampai dagingnya terlihat berubah warna.
  • Masukkan garam dan juga merica lalu aduk hingga rata.
  • Berikutnya tinggal tuang santan sedikit demi sedikit. Masak sambil diaduk beberapa menit, lalu biarkan sebentar hingga kuah terlihat berkurang dan mengental serta daging terlihat matang hingga ke tulangnya.
  • Terakhir angkat dan hidangkan selagi masih hangat dengan lontong, ketupat atau pun nasih putih yang masih hangat.


– Pastikan saat mengecek, apakah ayam sudah matang atau tidak, dagingnya terlihat mudah lepas dari tulangnya. Dan cicipi juga apakah rasa dari kuahnya sudah pas. Itu pula sebabnya saat pertama kali memberi garam dan petsin jangan terlalu banyak dulu, dengan pertimbangan bahwa nanti kuahnya akan menyusut.

– Mengenai kekentalan kuahnya sebenarnya setiap orang punya selera sendiri, ada yang lebih senang kalau ayamnya terlihat hingga tenggelam dalam kuahnya dan ada juga yang hanya menyisakan sedikit saja kuahnya, katanya biar lebih sedap.





Tips Cara Membuat Opor Ayam yang Enak


Pernyataan ini kami kutip dari salah satu juri memasak dari salah satu program TV audisi memesak, yaitu MasterChef Indonesia. Nah berikut beberapa tips yang diberikan Chef Arnold dalam menghasilkan sajian opor ayam yang lezat dan enak dilidah maupun di pandang mata penikmatnya.

Kata beliau bahwa untuk bisa menghasilkan masakan opor ayam yang masaknya sempurna tapi tidak membuat ayamnya hancur maka yang harus diperhatikan adalah pada teknik memasanya, perpaduan dari bumbu-bumbu yang digunakan dan juga masalah besarnya api yang digunakan saat memasak, karena jika tidak, hasilnya tidak akan sempurna sebagaimana yang diharapkan.

Lanjut beliau menjelaskan bahwa sebaiknya ayamnya jangan di-presto agar tidak hancur. Dan mengenai bumbunya maka masaknya tidak usah buru-buru, gunakan api kecil jika ingin rasanya enak, ungkap beliau. Dan pastikan juga semua rempah-rempah yang digunakan termasak dengan sempurna, karena jika sudah begitu pasti rasanya akan enak.

Selain yang disebutkan di atas, yang terpenting juga katanya bahwa waktu memasak juga sangat mempengaruhi hasil akhir dari resep opor ayam yang dibuat. Jika jenis ayam digunakan adalah ayam kampong maka sedapat mungkin dimasak agak lama dengan api kecil agar dagingnya bisa empuk dan enak saat digigit. Dan terakhir soal campuran bumbu putihnya, yakni ketumbarnya, jangan dimasak terlalu lama biar tidak anyep.




  • Cara buat lain : Jika anda tidak mau repot membuat bumbu halus opornya maka solusinya bisa membeli bumbunya yang sudah jadi, dalam hal ini ada 2 pilihan, yakni yang dalam bentuk sachet yang banyak dijual di Supermarket atau bisa juga dibeli di pasar tradisional di kios khusus yang menjual bumbu giling yang siap pakai, jadi bentuknya masih segar dan sama sekali tidak ada pengawetnya.

adsense 336x280

0 Response to "Resep Opor Ayam Kuning ala Jawa yang Enak dan Masak Sempurna"

Post a Comment