Dampak Makeup Berlebihan Berbahaya Bagi Kulit

adsense 336x280

 Dampak Makeup Berlebihan Berbahaya Bagi Kulit

 

"Makeup yang berlebihan dapat membuat Anda cepat tua, menyerap usia kulit serta mengundang datangnya aneka penyakit kulit," ungkap dr. Gurmohan Singh, kepala departemen Dermatologi dari Institute of Medical Science (IMS).

Iritasi, alergi, jerawat, komedo hingga kanker mengancam wajah yang dipulas makeup terlalu berlebihan.Belum lagi jika Anda termasuk orang yang jarang dan malas membersihkan wajah. Sisa-sisa makeup yang tertinggal di kulit akan menyebabkan problem ringan hingga berbahaya bagi wajah. Komedo dan jerawat, adalah contoh yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

"Ketakutan kami terutama disebabkan oleh produk kosmetika yang seringkali menggunakan bahan merkuri, nikotin dan racun-racun lainnya.Beberapa brand kosmetika masih sering melanggar peraturan penggunaan bahan kimia berbahaya," imbuhnya.Dan inilah yang dapat membahayakan kulit wajah. Bayangkan saja, bila Anda memakai produk kosmetik yang mengandung merkuri, diaplikasikan di wajah setiap hari, dan Anda tak rajin membersihkannya, merkuri akan menumpuk di kulit Anda. Kanker kulit tentunya akan menjadi ancaman yang serius dalam kondisi seperti ini.

Lantas, apa saran dari ahli dermatologi?

1. Menggunakan makeup untuk mempercantik diri, sah-sah saja. Asalkan, kita lebih bijak dalam memilih dan menggunakannya.
2. Proses laser treatment, sebaiknya dihindari. Menurut Dr. Gurmohan Singh, proses ini sebenarnya proses yang tidak perlu dilakukan. Masih banyak cara yang terbukti lebih aman untuk menjadi cantik.
3. Pastikan Anda selalu membersihkan sisa-sisa makeup dengan benar.Sisa makeup yang menempel di wajah dapat menyebabkan problem pada kulit yang tak diinginkan.
4. Menggunakan sun protection pada kulit, is a must. Sinar matahari saat ini tak lagi ramah, sehingga kita tetap harus melindungi dari ancaman sinar UV

Kerugian Akibat Sering Berdandan


1. Make up bisa menyumbat pori-pori membesar


Jika Anda berpikir bahwa menggunakan kosmetik yang mengandung bahan alami tidak akan membahayakan kulit Anda, maka Anda salah. Setiap jenis make up mengandung beberapa bahan kimia, dan ini cenderung menyumbat pori-pori kulit, sehingga pada gilirannya akan menyebabkan kerusakan besar pada kulit yang menyebabkan jerawat.

2. Make up menyebabkan penuaan lebih cepat


Menggunakan make up sepanjang waktu menyebabkan dehidrasi kulit seperti kulit tidak bisa bernapas. Bukan hanya itu, seringnya memakai kosmetik akan membuat kulit dehidrasi sehingga pada akhirnya akan menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.

3. Make up harus diaplikasikan secara tepat


Bukan hanya memoleskan makeup secara sesuai, penggunaan kosmetik juga harus diperhitungkan, seperti dengan kondisi kulit atau bahan yang digunakan. Mayoritas perempuan tidak tahu tata cara untuk merias wajah dengan baik. Hal ini membuat mereka terlihat bahkan lebih buruk.
Ada prosedur aplikasi yang tepat untuk make up, tidak setiap perempuan tahu tentang hal itu. Tidak menerapkan kosmetik dengan benar juga bisa membuat Anda terlihat konyol.

4. Make up biasanya hanya diuji terhadap hewan


Kebanyakan produsen make up biasanya hanya menguji produknya terhadap hewan. Meskipun ada beberapa produk organik yang terdapat di pasaran, harganya juga pasti lebih mahal.

Beberapa alasan di atas mungkin akan membuat Anda berpikir untuk menggunakan kosmetik terlalu sering. Untuk menjaga kesehatan kulit
wajah, lebih baik hindari penggunaan make up jika tidak diperlukan.


Tanda Make Up Berbahaya Bagi Kesehatan

  • Iritasi Kulit

Iritasi kulit merupakan gejala yang paling mudah diketahui ketika Anda menggunakan make up yang salah. Salah satu produk kecantikan yang sering membuat kulit menjadi iritasi ialah parfum.Wewangian ini dapat menimbulkan masalah pada kulit yang terbilang sensitif.Maka dari itu, hindari penggunaan parfum untuk sementara waktu jika kulit Anda menjadi iritasi.

  • Mata Gatal

Mata merah atau gatal karena memakai riasan menandakan kalau Anda tidak cocok menggunakan kosmetik tersebut.Umumnya, wanita yang mengalami iritasi mata karena memakai produk yang telah kedaluwarsa.Anda juga perlu menghindari penggunaan produk tester saat membeli kosmetik.Selain itu, perhatikan pula tanggal batas waktu pemakaiannya.

  • Kulit Tampak Kusam

Kalau setelah memakai make up kulit Anda malah menjadi kusam, berarti riasan yang diterapkan pada kulit tidak cocok. Biasanya, foundation atau bedak bisa menyebabkan kulit terlihat gelap seperti sedang sakit. Jika Anda pengguna bedak atau make up lain dalam bentuk bubuk, hindari meletakkannya di tempat yang lembab dan panas. Lebih baik taruh di ruangan yang bersuhu dingin.

  • Emosi yang Tidak Stabil

Gejala lain yang ditimbulkan dari pemakaian riasan yang salah adalah rasa emosi menjadi tidak stabli. Mungkin terdengar aneh, tapi percayalah bahwa merkuri dalam kosmetik dapat menyebabkan berbagai macam gejala aneh yang cukup berbahaya.Untuk itu, pastikan Anda mengetahui kandungan dalam kosmetik sebelum mengaplikasikannya.

  • Kehilangan Memori

Kerusakan memori bisa disebabkan oleh merkuri atau logam lainnya yang ditemukan dalam kandungan berbagai produk kecantikan.Logam dalam riasan dapat mengakibatkan gangguan seumur hidup hingga cacat fisik.

  • Sakit Kepala

Riasan yang tidak cocok juga bisa mengakibatkan sakit kepala dan vertigo.Hal ini berkaitan dengan merkuri dan logam pada kosmetik.Sebelum membeli, Anda harus memperhatikan bahan yang terkandung di dalamnya untuk mencegah penyakit serius itu.

  • Depresi

Dampak buruk dari kesalahan penggunaan make up adalah depresi dan rasa cemas yang berlebihan. Hal tersebut dikarenakan logam yang ada dalam produk kecantikan.Beberapa perusahaan kosmetik menyangkal bahwa logam yang terkandung dalam produk mereka jumlahnya sangat kecil. Namun, memakai riasan yang mengandung logam tetap tidak aman bila digunakan dalam jangka panjang

adsense 336x280

0 Response to "Dampak Makeup Berlebihan Berbahaya Bagi Kulit"

Post a Comment