Sayur bayam segar dan menyehatkan

adsense 336x280

Sayur Bayam Segar dan Menyehatkan

 

Sayur bayam merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia yang segar dengan kuah bening. Sayur bayam sangat bagus untuk masa pertumbuhan balita karena kaya zat besi dan nutrisi sayuran hijau. Ada beberapa resep sayur bayam bening ini baik yang menggunakan temu kunci maupun yang praktis tanpa temu kunci. Berikut petunjuk bagaimana cara membuat masakan sayur bayam sehingga nilai gizi yang terkandung dalam daun bayam tidak hilang percuma. Seperti diketahui bahwa daun bayam sangat cepat matang sehingga jika kelamaan memasaknya maka daun bayam akan hancur menjadi bubur.

Sayur bayam termasuk dalam jenis resep sayuran tradisional yang paling banyak dikonsumsi. Untuk membuat masakan sayur bayam yang nikmat serta menyegarkan biasanya ada beberapa tambahan bahan sayuran lain, dan yang paling pas dengan beberapa potong jagung muda manis. Bisa juga dengan beberapa potong wortel. Atau bisa juga dengan beberapa buah jagung muda. Tentu saja bunda sekalian bisa berinovasi dengan tambahan sayuran segar lainnya. Bahkan tambahan jagung muda ini juga tidak harus di potong tipis tipis, namun ada pilihan lain yakni dengan hanya butir butir jagung muda manis sebagai tambahan kelezatannya.

Meskipun bikin sayur bayam itu mudah, namun jika belum terbiasa membuat sayur bayam tentu ada saja kekurangannya sehingga vitamin dan zat besi alami yang terkandung dalam daun bayam akan hilang percuma. Dengan dengan sangat perlu untuk menulis resep sayur bayam beserta cara membuat masakan sayur bayam jagung manis yang segar menyehatkan. Daun bayam mempunyai satu sifat khusus yakni tidak bisa dimasak dalam waktu lama. Karena tekstur daun bayam ini memang cukup lembut.

Ada beberapa hal penting yang mesti anda pahami dan perhatian khususnya saat memilih bahan utama resep masakan jawa ini yakni daun bayam, karena kadang di pasar biasanya dijual daun bayam yang telahn mengalami semprotan insektisida yang mana berguna untuk mencegah datangnya ulat daun yang bisa membuat daun bayam bolong bolong. Sehingga mulai masa tanam pada hakekatnya daun bayam sudah sering disemprot denga bahan kimia. Sehingga secara alami jadi kurang menyehatkan karena tercemar oleh obat insectisida tersebut.

Masalah lain yang mungkin timbul yakni penyemprotan kembali saat di tangan pedagang sayuran karena disana juga disemprot lagi, namun kali ini bertujuan untuk membuat daun bayam biar lebih lama kesegarannya. Itulah sebabnya tahap pencucian sayur bayam sebelum dimasak disarankan untuk dicuci sebersih bersihnya dan dengan air banyak banyak. hal ini bertujuan untuk menghilangkan pengaruh buruk semprotan saat ditanam hingga sampai ke pedagang sayuran. Sebagai masukan bahwa sayur bayam ini juga sangat cocok sebagai campuran masakan bobor.

Resep sayur bayam

 

Sayur bayam segar dan menyehatkan
Sayur bayam segar dan menyehatkan

 

Sebelum bunda sekalian mulai memasak sayur bayam, yuk melengkapi bahan sayuran dan juga bumbu sayur bayam dengan lengkap supaya nantinya lebih muda saat membuat sayur bayam segar ini. Perlu di ingat bahwa tambahan sayur bayam ini bisa anda rubah karena tergantung selera masing masing.

Bahan utama


  • Daun bayam : ± 2 hingga 3 ikat, pilih yang lembar daunnya utuh dan tidak bolong bolong
  • Jagung manis : 1 bonggol, potong potong setebal ± 1 cm. Bisa juga di ganti dengan jagung muda
  • Wortel : 2 buah, kupas dan iris tipis tipis ± 1 mm


Bahan bumbu

  • Bawang putih : 1 siung
  • Bawang merah : 4 hingga 5 buah
  • Temu kunci : sekitar 3 cm
  • Garam dan gula pasir : secukupnya
  • Royco : jika suka
  • Air bersih : secukupnya


Cara memasak sayur bayam

  • Langkah pertama ambil daun bayam bersama tangkainya, dan bisa juga ambil beberapa batang yang masih muda di sekitar pucuk. Kemudian cuci hingga benar benar bersih.
  • Berikutnya iris tipis tipis bawang merah dan bawang putih
  • Jangan lupa cuci temu kunci dan geprek perlahan.
  • Langkah berikutnya rebus air dalam panci secukupnya dan tunggu hingga mendidih.
  • Masukkan jagung dan wortel iris.
  • Tunggu hingga matang dan masukkan daun bayam, temu kunci, dan juga irisan bawang merah dan bawang putih.
  • Langsung saja tambahkan garam, gula pasir, dan juga royco secukupnya. Cicipi dan angkat.

Wow ternyata sangat cepat membuat sayur bayam segar ini. Penting untuk di ingat bahwa saat memasak daun bayam memang tidak diperlukan waktu yang lama, yang penting daun bayam layu berarti sudah matang, Jika kelamaan justru kurang bagus. Sayur bayam sangat bagus untuk dikonsumsi oleh anak anak dan juga para ibu muda yang sedang hamil karena kandungan zat besi dalam daun bayam cukup tinggi.

Namun tentu saja bagi anda yang sudah dewasa kurang sedap jika makan hanya dengan sayur bayam. Biasanya dengan tambahan sambal tomat enak. Belum cukuplah, kalau aku sih masih dengan tambahan masakan orek tempe cabe merah pedas yang lezat sudah cukup.

Namun bagi yang baru gajian biar lebih lengkap bisa ditambahkan lauk pauk yang sedikit mahal, apa ya enaknya, cobalah dengan ayam goreng kalasan pasti lebih nikmat. Sayur bayam termasuk dalam resep sayuran berkuah yang cukup sering dimasak oleh ibu ibu muda maupun para orang tua.

Daun bayam bukan saja enak untuk di masak, namun juga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit anemia maupun membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Krena kandungan serat tinggi yang terkandung dalam daun bayam. Lantas bagaimana caranya, bisa anda buat sebagai jus bayam.



Cara membuat jus daun bayam


Ambil daun bayam secukupnya, pilih yang masih segar dengan daun yang hijau dan tidak berlobang. Kemudian masukkan dalam blender dan tambahkan sedikit air, gula pasir secukupnya serta es batu. Belajar lebih banyak masalah kuliner di resep masakan indonesia yang dibahas secara tuntas dan mendalam.
adsense 336x280

0 Response to "Sayur bayam segar dan menyehatkan"

Post a Comment