Tips cara menggoreng ikan renyah enak dan garing

adsense 336x280

Tips cara menggoreng ikan renyah enak dan garing

 

Ikan goreng garing dan renyah sangat enak rasanya. Berikut tips singkat bagaimana cara menggoreng ikan supaya hasilnya maksimal. Beberapa jenis ikan goreng yang enak di goreng garing, seperti ikan mas, ikan bawal, ikan mujair, ikan kembung, dan lainnya. Siapapun pasti suka dengan ikan goreng yang renyah, karena selain enak rasanya juga anda terhindar dari tusukan duri ikan. Dengan di goreng garing maka duri ikan tidak akan menusuk saat di makan. Disamping itu ikan yang di goreng garing lebih enak di santap. Yuk ikuti tips singkat cara menggoreng ikan dengan hasil renyah, enak, dan garing.

Namun demikian menggoreng ikan garing tidak serta merta lama menggorengnya, jika demikian maka ikan anda akan gosong dan tidak enak di makan. Ada trik tersendiri cara menggoreng ikan yang benar, jadi tidak asal goreng. Sehingga anda mesti memperhatikan beberapa petunjuk cara menggoreng ikan, meskipun sederhana yakni hanya menggoreng ikan, jika tidak mengerti ilmunya, tentu tidak akan menghasilkan cita rasa yang sempurna.

Ikan apa saja yang enak di goreng garing. Memang tidak semua ikan akan kriuk enak karena digoreng garing. Seperti ikan tongkol lebih enak di goreng tidak sampai kering. Ikan goreng garing yang paling enak adalah yang bertubuh gepeng, seperti ikan mujair, ikan sepat, ikan mas, ikan bawal, dan lainnya. Sedangkan ikan ikan yang tampilannya bulat kurang mantap jika digoreng garing karena postur tubuhnya yang tebal, sehingga duri ikan tidak ikut renyah.

Hal penting lainnya adalah ikan harus berkualitas bagus dalam arti ikan segar, lihat petunjuk lengkap cara memilih ikan segar yang benar. Ikan air tawar sangat enak jika di goreng hingga kering, karena rasanya gurih, kriuk, dan durinya tidak menusuk. Disamping itu ikan yang terlalu besar juga kurang pas di goreng hingga kering. Jadi hanya ikan ikan yang tampilannya kecil saja yang rasanya enak dimakan kering. Pelajari juga cara membuat ayam rica rica khas manado.


Sekarang silahkan bunda pergi ke pasar atau ke warung untuk belanja ikan kesukaan. Nah setelah anda mendapatkan ikan ikan segar, seperti ikan mas, ikan kembung, ikan bawal, dan lainnya, yuk ikuti petunjuk mudah cara menggoreng ikan hingga kering, enak, kriuk, dan tidak gosong.

Tips cara menggoreng ikan renyah enak dan garing
Tips cara menggoreng ikan renyah enak dan garing

  • Langkah awal tentunya membersihkan ikan hingga benar benar bersih. Pastikan juga bagian dalam perut ikan termasuk insang juga dibersihkan. Demikian juga sisik sisik ikan, kerok searah. Kemudian cuci dan bilas hingga benar benar bersih, lantas tiriskan.
  • Siapkan bumbu halus, seperti bawang putih, kunyit, jahe, merica, ketumbar, dan garam secukupnya. Setelah di uleg halus lantas tambah sedikit air bersih. Kemudian tuang dalam wadah yang telah dipersiapkan. Lebih bagus lagi di tambah dengan air jeruk nipis.
  • Berikutnya, masukkan ikan dan bolak balik supaya seluruh badan ikan tertutup oleh bumbu halus. Sebaiknya simpan dahulu dalam lemari es. hal ini bertujuan supaya bumbu meresap dan dalam perendaman bumbu halus tersebut, ikan akan mengeluarkan air selama masa perendaman. Sebelum di goreng ada baiknya tiriskan ikan dahulu dari air ikan hasil rendaman bumbu halus.
  • Siapkan kompor gas dengan nyala api sedang. Letakkan wajan ( penggorengan ) dan tuang minyak dalam jumlah banyak. Menggoreng ikan dengan sedikit minyak akan mempercepat daging ikan hangus.
  • Tunggu hingga minyak goreng benar benar panas ( suhu sekitar 170 °C ), tes dengan cara memercikkan air.
  • Sekarang masukkan beberapa ekor ikan, jangan terlalu banyak, justru tidak bisa kering dan hasilnya kurang bagus. Pastikan semua ikan terendam minyak panas.
  • Jangan sekali kali di tinggal. Setelah beberapa saat bisa dibalikkan supaya matang merata.
  • Nah setelah gemericik ikan dalam wajan hilang pertanda ikan sudah matang, kering, dan renyah. cepat angkat dan tiriskan.
  • Sajikan bersama nasi putih hangat dan lauk lainnya.

Sebenarnya cukup mudah cara menggoreng ikan hingga kering dan renyah, selamat mencoba. Baca juga resep ikan mas bakar enak, renyah, dan mantap.
adsense 336x280

0 Response to "Tips cara menggoreng ikan renyah enak dan garing"

Post a Comment