Tips Cara Make Up Pengantin Pernikahan

adsense 336x280

Tips Cara Make Up Pengantin Pernikahan

 

Bagi kaum wanita, masalah tata rias ini tak kalah pelik dan penting dibanding gaun atau gedung. Karena pernikahan adalah satu-satunya hari di mana seseorang berhak mendapat gelar sebagai raja dan ratu sehari, biasanya semua calon mempelai berharap bisa tampil istimewa di saat itu. Khususnya bagi sang wanita. Sementara untuk kaum pria, hal seperti ini tak terlalu menyusahkan.


Sebelum menikah, pasangan yang akan menempuh hidup baru biasanya harus membuat persiapan panjang sebelum siap melangkah ke pelaminan. Banyak hal yang harus dipikirkan dengan teliti karena pernikahan di Indonesia umumnya melibatkan keluarga besar kedua belah pihak dan orang-orang yang terlibat dalam kehidupan sosial sang calon mempelai.


Menikah bukan hanya sekadar mengucapkan janji pernikahan atau ijab kabul belaka. Bagian itu justru menjadi bagian dari acara puncak yang masih harus berlanjut dengan resepsi pernikahan. Jadi, ada persiapan panjang yang rumit dan melibatkan banyak orang.

Kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan sebelum tiba pada puncak acara? Beberapa di antaranya adalah kapan acara pernikahan akan digelar, tempat resepsi dan akad nikah, dekorasi pelaminan, make up pengantin yang akan digunakan. Hal lainnya adalah katering untuk resepsi, busana pengantin dan aksesorisnya, busana untuk keluarga inti serta panitia, kartu undangan, kue, dokumentasi, suvenir pernikahan, hiburan, jumlah undangan, cincin, mobil pengantin, hingga tujuan bulan madu.

Ada banyak sekali poin yang harus diperhatikan dan semua itu tak bisa selesai dalam waktu singkat. Sehingga tak jarang orang mulai melakukan perencanaan matang setahun sebelum pernikahan digelar. Apalagi jika kebetulan acara itu bertepatan dengan “musim nikah” yang kebetulan dipilih banyak orang.

Misalnya saja bulan tertentu yang memiliki tanggal cantik. Atau bulan tertentu yang dianggap bagus menurut agama yang dianut oleh kedua mempelai. Semua proses di atas bisa memakan waktu panjang dan tak jarang menimbulkan ketegangan karena adanya perbedaan keinginan.

Entah itu antara kedua calon mempelai, atau malah antara kedua keluarga besar. Maklum saja, sebagai masyarakat timur yang sistem kekeluargaannya masih sangat kental, campur tangan keluarga kedua belah pihak masih dianggap wajar.

Setelah semuanya disepakati, fokus paling besar biasanya ditujukan kepada pakaian dan tata rias calon mempelai. Khusus untuk pakaian, tetap harus disepakati model seperti apa yang akan dipilih. Apakah Anda akan tampil dengan pakaian daerah tertentu, ataukah memilih untuk mengenakan pakaian internasional yang dianggap lebih praktis?

Semuanya tentu punya konsekuensi tersendiri. Yang jelas, semua calon mempelai ingin tampil istimewa di hari yang juga istimewa dan akan dikenang seumur hidupnya itu. Sebelum memilih ahli tata rias yang akan menyulap wajah Anda menjadi kian menawan, ada baiknya juga melakukan semacam riset untuk mencari tahu mana perias yang memang ahli dengan cara make up pengantin yang akan Anda gunakan.

Apalagi jika sebelumnya Anda sudah pernah punya pengalaman dirias oleh orang tertentu, akan lebih baik lagi. Karena itu berarti Anda sudah memiliki bayangan tentang hasil pekerjaan seseorang. Jangan sampai memilih perias seperti memilih kucing dalam karung. Jika tidak yakin akan keahlian seseorang, jangan sungkan untuk memilih perias lainnya.

Jika memang belum ada kesempatan untuk bekerja sama dengan seorang penata rias, Anda bisa melihat hasil kerjanya. Entah itu berasal dari dokumentasi yang dimiliki sang perias, atau dari pengalaman teman atau anggota keluarga. Yang pasti, jika harus bertanya kepada orang lain, Anda sebaiknya yakin bahwa penilaian atau seleranya mirip dengan Anda.

Jangan sampai bertanya pada orang yang suka dirias dengan mencolok sementara Anda sendiri justru lebih memilih riasan yang lembut dan natural. Jika ini terjadi, tidak heran kalau Anda akan kecewa dengan hasilnya. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih penata rias yang akan mempercantik penampilan Anda.

Perawatan Khusus


Sebelum resepsi ada baiknya Anda melakukan perawatan khusus yang bisa dilakukan. Tidak perlu yang rumit dan menyusahkan, sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan saja. Karena bagaimanapun di hari pernikahan Anda pasti ingin tampil istimewa.

Hal paling umum yang dilakukan oleh calon mempelai adalah melakukan perawatan untuk menjaga kebersihan kulit wajah agar tidak sampai dicemari oleh jerawat. Satu lagi yang tak kalah penting adalah memastikan agar berat badan tidak bertambah atau berkurang.

Karena itu justru akan membuat gaun pengantin yang sudah dipilih sebelumnya tak dapat melekat dengan sempurna. Mengenakan gaun pengantin yang terlalu sempit atau kedodoran, akan membuat penampilan sang mempelai tak sedap dipandang.

Lalu, bagaimanakah make up pengantin yang benar dan akan memberi hasil yang positif? Hal ini sebenarnya kembali pada kebiasaan penata riasnya. Namun ada beberapa hal yang secara umum dilakukan saat merias seseorang. Hal pertama yang dilakukan sebelum merias pengantin adalah membersihkan wajah dengan seksama.

Ada yang menggunakan tata cara tradisional seperti mengoleskan es batu untuk menutup pori-pori dan memberi kesan segar di wajah. Ada pula yang memilih untuk menggunakan krim tertentu. Setelah kulit benar-benar bersih, kini tiba saatnya untuk mulai merias wajah sang calon mempelai. Pelembab adalah yang pertama kali dioleskan di seluruh wajah dan leher. Kemudian ditimpa dengan alas bedak yang bertujuan untuk membuat wajah terlihat halus dan alami. Alas bedak yang dipilih biasanya memiliki warna setingkat lebih tua dibanding warna kulit calon mempelai.

Selanjutnya, wajah diolesi shading yang biasanya dibubuhi di area hidung dan rahang. Gunanya untuk mengoreksi bentuk wajah sehingga lebih ideal dan menawan. Jika kebetulan wajah memiliki vlek, maka biasanya akan dibubuhkan concealer di area yang kurang ideal tadi. Sehingga diharapkan kulit wajah berkesan mulus bebas vlek atau noda hitam.

Selanjutnya, wajah akan dibubuhi bedak tabur dengan menggunakan kuas besar. Adapaun tujuannya adalah untuk menyerap kelebihan minyak di wajah sekaligus membuat wajah lebih halus. Setelahnya, riasan akan ditutup dengan bedak padat yang diaplikasikan menggunakan spons. Tujuan penggunaan bedak padat adalah untuk menghaluskan dan menutupi noda pada wajah. Sehingga wajah pun tampak sempurna.

Selanjutnya, penata rias biasanya membubuhkan perona mata dengan warna yang serasi dan cocok dengan warna kulit. Dilanjutkan dengan pemasangan bulu mata palsu (jika dibutuhkan) dan eyeliner yang berguna untuk mengoreksi bentuk mata sehingga menjadi lebih ideal.

Yang mendapat perhatian selanjutnya adalah alis. Biasanya alis akan dirapikan sehingga penampilan calon mempelai kian menawan. Lalu penata rias juga akan membubuhkan perona pipi dengan kuas besar agar natural. Terakhir, bibir akan dibubuhi lipstik dan lipgloss untuk memberi efek segar.

Tata rias wajah pun selesai. Dan fokus selanjutnya adalah menata rambut. Untuk ini, rambut biasanya dibubuhi dengan perapi rambut agar bisa bertahan lama. Mengenai model rambut yang akan dipilih, biasanya sudah didiskusikan terlebih dahulu dengan calon mempelai. Kini, calon pengantin pun siap menyambut hari istimewanya.

Pernikahan adalah moment terindah yang terjadi dalam hidup kita. Oleh sebab itu, setiap orang yang akan menikah akan mempersiapkan semua dengan sebaik-baiknya. Mereka akan memesan makanan, pelaminan dan juga riasan pengantin yang terbaik. Seorang calon pengantin, terutama pengantin wanita pasti menginginkan menjadi cantik di hari penting dirinya. Mereka akan memesan riasan yang sekiranya akan membuat dirinya tampak bersinar dan berbeda dari hari-harinya yang biasa.

Banyak sekali perias yang menawarkan berbagai keungulan, salah satunya adalah make-up pengantin yang dibuat bak make-up artis. Yang mengerjakannya juga adalah perias artis yang berpengalaman, tapi soal harga, jangan ditanya. Sesuai dengan mutu yang mereka janjikan, harganya pun melambung tinggi, membuat jeri.

Bagi orang yang memiliki modal terbatas, mau tidak mau harus puas dengan make up pengantin seadanya. Bukan berarti make up pengantin seadanya menjadikan mutunya tidak bagus, namun jangan membandingkan dengan make-up pengantin sekelas artis yang menyulap sang pengantin menjadi orang yang berbeda bak ratu semalam.



Tips Memilih Make Up Pengantin


Banyak di antara para calon pengantin gelisah ketika harus memilih make-up yang bagus. Apakah make-up itu bisa menyulap mereka menjadi demikian mempesona, seolah mereka adalah ratu atau tidak mengubah apa pun. Oleh karena itu, saran atau rekomendasi seorang teman yang sudah pernah memakai jasa pemake-up diperlukan.

Saran teman membuat kita memiliki keputusan tersendiri, apalagi kalau kita sudah pernah melihat hasil make-up sang penata rias tersebut pada pesta pernikahan salah seorang teman kita, pasti kita sudah mendapat gambaran seberapa professional sang make-up tersebut. Namun, seringkali biaya juga menjadi kendala dalam memilih penata make-up pengantin.

Buget yang tidak sesuai memaksa kita mencari alternatif lain untuk berias. Tapi, sebelum memutuskan untuk memakai jasa perias tersebut, pastikan dulu Anda sudah melihat contoh riasan dan pakaian yang disediakannya. Dengan begitu Anda bisa memastikannya. Atau, masuklah ke dalam situs khusus untuk Wedding dan tanyakan saran pada para anggota wedding yang sudah menikah. Mereka akan memberikan saran untuk Anda.

Tips Tampil Cantik dan Segar Ketika Bermake-up


Biasanya, para pemake-up professional sudah tahu bagaimana membuat wajah seorang pengantin sebelum menikah untuk terlihat segar. Salah satunya adalah dengan menggunakan es batu. Lho, kenapa harus menggunakan es batu? Es batu membuat pori-pori mengecil, dengan begitu riasan tidak akan masuk ke dalam pori-pori kulit.

Es batu juga akan menghentikan aliran minyak sehingga wajah menjadi lebih segar, dengan begitu make-up pun bisa dilakukan. Namun, sebelum bermake-up untuk wedding, ada baiknya Anda beristirahat yang cukup agar tidak timbul noda di sekitar mata dan wajah tidak terkesan sayu. Tetap jaga kesehatan, untuk tampil cantik bukan hanya diperlukan make-up semata, tapi juga semangat ketika mengikuti prosesi acara yang pastinya akan padat dan melelahkan.

Seputar Make Up Pengantin


Menjadi pengantin yang cantik di hari pernikahan adalah impian setiap wanita. Hari pernikahan ibarat hari di mana sepasang pengantin menjadi raja dan ratu, yang duduk di singgasananya. Untuk tampil cantik di hari pernikahan tidak hanya mengandalkanmake up pengantin yang canggih. Inner beauty Anda menjadi faktor penentu apakah Anda terlihat cantik atau tidak di hari yang bersejarah dalam hidup Anda. Make up merupakan hal yang nomor dua yang menjadi faktor penentu anda akan terlihat cantik atau tidak, tetapi pada umumnya memang setiap para pengantin terlihat cantik dalam pesta pernikahannya.

Hari pernikahan merupakan hari di mana Anda dan pasangan mengikat janji setia. Banyak yang menyaksikan acara sakral tersebut. Sayang rasanya jika dalam momen bersejarah yang dilihat banyak orang, Anda dan pasangan malah tidak enak untuk dilihat orang, kuyu dan polos misalnya.Penampilan pasangan pengantn merupakan hal yang utama dalam setiap pesta pengantin. Dalam hal penampilan, pasangan pengangtin baik mempelai pria maupun wanita memang harus tampak lebih menonjol dari para tamu yang datang. Karena pada pesta pernikahan inilah yang menjadikan mereka berdua sebagai raja dan ratu dalam sehari yang paling diistimewakan di hari tersebut.

Untuk menunjang penampilan Anda di hari berbahagia tersebut, Anda bisa menggunakan jasa wedding organizer yang memiliki paket make up pengantin. Hal ini mengingat karena Anda sendiri tidak bisa memoles dan memperbaiki kekurangan wajah Anda sendiri tanpa didampingi ahlinya. Ingat make up pengantin tidak sama dengan make up sehari-hari. Make up anda saat pernikahan memang lebih harus terlihat mewah dan cantik sehingga dapat memukau para tamu undangan dan pasangan anda. Karena hal inilah yang bisa membuat pesta pernikahan anda memukau jadinya.

Sebelum melalukan make up pengantin, sebaiknya Anda melakukan perawatan tubuh yang dapat menunjang kecantikan kulit Anda. Perawatan ini hendaknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari H, maksimal 6 bulan sebelum hari pernikahan.Ini dapat membantu anda unuk merefresh kondisi tubuh anda agar tidak terlihat stres atau kaku pada acara pesta pernikahan anda.

Dalam tradisi Indonesia, sebelum wanita akan melangsungkan pernikahan, biasanya seminggu sebelum hari pernikahan wanita diharuskan untuk melakukan adat pingitan yang mengharuskan para wanita untuk tidak keluar rumah dan hanya diam dirumah untuk melakukan perawatan tubuh dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Buatlah agenda setiap bulannya, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan hari bahagia Anda dan pasangan. Perawatan tersebut meliputi olahraga teratur, diet yang sehat, perbanyak minum air putih, mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, serta melakukan perawatan di salon kecantikan seperti facial, lulur spa,menicure dan pedicure. Jika anda memakaijasa wedding organizer, biasanya perawatan - perawatan mengenai pengantin sudah diatur dalam agenda acara pada pesta pernikahan anda.

Hal yang harus Anda perhatikan dalam make up pengantin adalah warna dan jenis kulit Anda. Sesuaikan kosmetik yang dikenakan dengan jenis dan warna kulit Anda. Di samping itu juga disesuaikan dengan warna busana pengantin dan tema atau konsep yang dipilih dalam pesta pernikahan yang akan Anda kenakan, sehingga Anda tidak terkesan salah kostum dan tidak matching antara dandanan dengan baju pengantin.

Tata rias atau make up pengantin tidak hanya terpaku pada wajah saja, tetapi juga pada tatanan rambut Anda. Pastikan tatanan rambut dengan tema make up yang akan digunakan sesuai. Bagi Anda yang mengenakan jilbab, sesuaikan dengan model jilbab yang akan Anda kenakan di hari pernikahan nanti. Berikut tips sederhana yang dapat Anda lakukan selama persiapan hari pernikahan Anda.
  • Lakukan olahraga teratur sehingga Anda tidak perlu melakukan diet ketat yang dapat membuat Anda terlihat tidak segar pada hari H. Perbanyak mengkonsumsi buah, sayuran dan air putih. Hindari rokok, minuman beralkohol dan makanan cepat saji.

  • Pilihlah baju pengantin yang yang sesuai dengan bentuk tubuh dan warna kulit Anda. Bagi Anda yang berkulit putih, pilihlah baju pengantin yang yang berwarna cerah. Bila hendak mengenakan baju berwarna putih, sesuaikan make up wajah Anda, hingga Anda tidak terlihat pucat. Bagi Anda yang berkulit gelap, hindari baju pengantin berwarna biru, merah muda, cokelat muda dan biru langit. Hindari juga mengenakan dress pas badan berwarna gelap.

  • Untuk riasan wajah, bagi Anda yang berkulit putih bisa bereksperimen dengan berbagai warna, tetapi tentu saja sesuaikan dengan baju pengantin Anda. Bagi yang berkulit gelap, hindari penggunaan alas bedak padat warna terang, lipstik warna ungu, serta penggunaan bulu mata palsu yang panjang, serta gaya make upsmooky eyes pada kelopak mata.

  • Make up pengantin, baik itu make up pengantin tradisional maupun make-up pengantin modern tidak harus menor atau tebal. Pilih make up yang sifatnya abadi dan tahan lama. Pilih kosmetik yang bersifat waterproof agar riasan tak cepat luntur.

  • Minimal satu bulan sebelum hari H, lakukanlah perawatan wajah, seperti facial, scrubbing atau masker wajah, agar wajah tidak berjerawat dan berminyak.
  • Make up pengantin, haruslah natural dan sempurna. Dengan make up tipis sehingga sang pengantin pria pun masih mengenali anda sebagai mempelai wanitanya. Untuk itu perhatikan make up Anda, jangan sampai terlalu tebal sampai-sampai pasangan Anda tidak mengenali Anda.

  • Make-up pernikahan seperti apa yang Anda inginkan di hari pernikahan Anda? Apakah sesuatu yang dramatis ? glamor ? atau natural ? Sebelum Anda tergoda sampai memutuskan untuk “memoles” wajah Anda persis seperti artis favorit Anda, tanyakanlah pada penata rias apakah make-up seperti itu pas untuk wajah Anda.

  • Tanyakan pada diri sendiri dan juga pasangan atau teman serta keluarga Anda, bagian apa yang paling menarik di wajah Anda. Jika mata atau bibir yang paling menarik, mintalah penata rias Anda untuk lebih fokus pada area ini.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan di mana dan kapan Anda akan menikah. Make up pengantin untuk lokasi out door tentu berbeda dengan lokasi pernikahan in door. Begitu pun make-up untuk pagi, siang atau malam hari pastinya berbeda. Jangan takut untuk menggunakan kombinasi warna yang Anda takuti tidak akan cocok dengan warna kulit Anda, karena siapa tahu warna itu setelah dikombinasikan dengan warna lain malah membuat Anda semakin menarik dan tentunya semakin cantik.

  • Terakhir, jangan lupa untuk tidur yang cukup. Walaupun kulit Anda akan tertutupi make-up namun tetap saja kulit dapat menunjukkan bagaimana seseorang itu merawat dirinya sendiri.


Di hari pernikahan yang telah Anda nanti-nantikan, kini telah tiba waktunya. Dan saatnya Anda akan melakukan make-up oleh vendor yang telah Anda percaya. Wedding hair danmake up pengantin merupakan peranan penting saat Anda berada di tengah-tengah para tamu undangan agar Anda selalu terlihat cantik dan cerah.

Namun, perlu diperhatikan mengenai warna dan keserasian dengan gaun yang digunakan. Jangan terlalu menor dan juga jangan terlalu pucat. Gunakan make-up yang sedikit cerah dan jangan terlalu mencolok, tapi harus terkesan tetap halus. Bagi Anda yang ingin tampil beda, Anda dapat menggunakan make-up seperti tradisional, smokey eyes, dan natural.

Make up pernikahan, haruslah natural dan sempurna. Dengan make up tipis sehingga sang pengantin pria pun masih mengenali anda sebagai mempelai wanitanya. Untuk itu perhatikan make up Anda, jangan sampai terlalu tebal sampai-sampai pasangan Anda tidak mengenali Anda.

Make-up pernikahan seperti apa yang Anda inginkan di hari pernikahan Anda ? Apakah sesuatu yang dramatis ? glamor ? atau natural ? Sebelum Anda tergoda sampai memutuskan untuk “memoles” wajah Anda persis seperti artis favorit Anda, tanyakanlah pada penata rias apakah make-up seperti itu pas untuk wajah Anda.

Di hari pernikahan yang telah Anda nanti-nantikan, kini telah tiba waktunya. Dan saatnya Anda akan melakukan make-up oleh vendor yang telah Anda percaya. Wedding hair dan makeup merupakan peranan penting saat Anda berada di tengah-tengah para tamu undangan agar Anda selalu terlihat cantik dan cerah.

Namun, perlu diperhatikan mengenai warna dan keserasian dengan gaun yang digunakan. Jangan terlalu menor dan juga jangan terlalu pucat. Gunakan make-up yang sedikit cerah dan jangan terlalu mencolok, tapi harus terkesan tetap halus. Bagi Anda yang ingin tampil beda, Anda dapat menggunakan make-up seperti tradisional, smokey eyes, dan natural.

adsense 336x280

0 Response to "Tips Cara Make Up Pengantin Pernikahan"

Post a Comment