4 cara mempercepat proses penguapan secara fisika

adsense 336x280

Dalam kehidupan sehari-hari kita erat kaitannya dengan peristiwa penguapan. Contohnya ketika kalian setelah mencuci pakaian, pasti kamu menjemur. Pada peristiwa menjemur pakaian, pakaian yang tadinya basah menjadi kering. Disitulah terjadi penguapan. Pakaian yang basah terkena sinar matahari, kemudian air yang ada di dalam baju mengalami penguapan.

4 cara mempercepat proses penguapan secara fisika
4 cara mempercepat proses penguapan secara fisika


 Terjadinya penguapan juga dapat menjadikan hujan. Silahkan kalian baca proses terjadinya hujan agar kalian lebih paham. Sekilas mengenai hujan. Air yang ada di bumi baik itu di sungai, laut, kolam, dan sebagainya akan mengalami penguapan.

Berikut faktor-faktor yang dapat mempercepat proses penguapan:

1. Memanaskan

Contoh memanaskan adalah pada proses penjemuran pakaian. Ketika kita menjemur di tempat yang teduh proses penguapan lebih lambat sehingga baju kita susah kering atau keringnya lama. Kalau kita menjemur pakaian di luar atau terkena sinar matahari akan mudah kering. Begitu juga saat kita memasak air, air akan lebih cepat menguap.

2.Memperluas Permukaan Zat Cair

 Pada saat kita akan meminum kopi yang panas, tentu kita harus meniupnya terlebih dahulu. Tapi kalau satu gelas atau setengah gelas kopi kita tuangkan ke dalam piring, maka kopi akan lebih cepat dingin. Mengapa lebih cepat dingin? Karena air kopi itu lebih cepat menguap dibandingkan air kopi yang ada di dalam gelas.

3. Memberikan udara di atas permukan zat cair

Pada waktu kita akan makan sayur sop yang panas, tentu kita akan meniup satu sendok sayur sop sebelum kita makan. Nah pada saat kita memberikan tiupan pada satu sendok sayur sop, maka sayur sop akan cepat dingin. Pada saat itu juga air sayur sop itu ada yang menguap.


4. Mengurangi tekanan

Ketika kalian kemah di pegunungan misalnya kalian menjemur pakaian. Padahal di daerah pegunungan tidak terlalu panas terkena sinar matahari namun disana kalau kita menjemur pakaian lebih cepat kering. Hal itu karena tekanan udara di daerah pegunungan lebih rendah daripada tekanan udara di daerah dataran rendah seperti pantai.
Itulah 4 cara yang dapat mempercepat peristiwa penguapan. Benda zat cair yang mudah menguap di sekitar kita adalah spirtus, minyak kayu putih, alkohol, premium, dan pertamax.

Baca artikel selanjutnya : http://www.trustymode.com/2017/01/4-cara-mengawetkan-bahan-makanan.html adsense 336x280

0 Response to "4 cara mempercepat proses penguapan secara fisika"

Post a Comment