Resep masakan opor ayam bumbu kuning

adsense 336x280

Resep masakan opor ayam bumbu kuning

Resep masakan opor ayam bumbu kuning
Resep masakan opor ayam bumbu kuning

 

Resep masakan indonesia paling enak yakni opor ayam bumbu kuning. Cara membuatnya sederhana dengan bumbu alami yang mudah di beli dan murah. Menu masakan opor ayam kuah kuning ini merupakan resep masakan sederhana yang enak dan dapat dikonsumsi oleh anak anak maupun orang dewasa. Bagi yang suka pedas dapat menambahkan sambal. Yang paling pas sih sambal bawang, resep sambal bawang cukup mudah dan cepat cara membuatnya. Yuk cintai dan lestarikan resep para leluhur bangsa indonesia. Sudah menjadi tugas kita untuk mempertahankan resep masakan tradisional masyarakat kita.

Masakan opor ayam paling enak jika menggunakan ayam kampung dewasa dan gemuk supaya kandungan kaldunya dalam kuah berlimpah. Dengan tambahan beberapa potong kunyit dan air santan kental, maka cita rasa opor ayam ini akan lebih mantap dan lezat. Masakan opor ayam biasanya menjadi menu utama saat makan siang bersama keluarga. Opor ayam santan kuah kuning ini juga menjadi menu utama saat lebaran yang di santap dengan ketupat.

Resep opor ayam enak dengan bumbu sederhana. Bumbu bumbu masakan opor ayam bumbu kuning yakni bawang merah, bawang putih, kunyit jahe, lengkuas, dan bahan bumbu lainnya. Dengan tambahan santan kental segar akan menambah kenikmatan resep masakan jawa ini. Beberapa bahan tambahan seperti serai, daun salam, dan daun jeruk selain menambah kelezatan masakan bunda juga menjadikan aroma masakan lebih harum. Dengan mengikuti caranya secara benar dan berurutan juga mempermudah cara kerja bunda dalam membuat masakan opor ayam ini. Sebenarnya cukup mudah dan simple lho.

Cara membuat opor ayam santan kuah kuning cukup mudah. Bunda dan sis dapat membuatnya meskipun belum mahir memasak. Resep masakannya saya tulis dengan jelas, lengkap, dan berurutan, sehingga mudah mempraktekkannya. Untuk menghindari bau amis disarankan untuk menambahkan jeruk nipis. Namun sebelum memulai memasak opor ayam santan ini sebaiknya lengkapi dahulu bahan bahan dan bumbu bumbunya. Nih bunda bumbu dan cara memasaknya.


Bahan utama


Daging ayam : 1 ekor. ( Pilih ayam dewasa gemuk, lebih disarankan menggunakan ayam kampung ).
Jeruk nipis : 2 buah.
Minyak goreng : secukupnya.
Bumbu halus

Bawang putih : 8 siung.
Bawang merah : 6 siung.
Kunyit : 4 cm.
Jahe : 2 cm.
Lengkuas : 3cm.
Kemiri : 8 butir.
Ketumbar : 1 sendok makan.


Bahan bumbu lainnya


Serai : 2 batang.
Daun jeruk : 3 lembar.
Daun salam : 4 lembar.
gula pasir : ±1 sendok teh peres.
Garam : ±1 sendok teh peres ( secukupnya, sesuai selera ).
Santan kental : ±2 gelas. Disarankan menggunakan santan dari kelapa segar 1 butir dan buat santan kental hingga sekitar 2 gelas. Terus peras hingga mendapatkan santan cair sekitar 2 gelas.
Santan cair : ±2 gelas.


Cara membuat opor ayam bumbu kuning lezat


  • Potong daging ayam sesuai dengan selera dan cuci. Lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Kemudian remas remas dan diamkan selama 5 menit. Cuci kembali hingga bersih.
  • Goreng daging ayam setengah matang.
  • Haluskan bumbu halus ( bawang merah + bawang putih + kunyit + jahe + lengkuas + kemiri + ketumbar ). Cara menghaluskan bumbu bisa di uleg atau menggunakan blender (tanpa garam ) biar cepat.
  • Siapkan penggorengan dengan sedikit minyak dan tumis bumbu halus.
  • Tambahkan serai, daun jeruk, dan daun salam sambil aduk aduk hingga baunya harum.
  • Masukkan santan cair dan daging ayam. Gunakan api kecil hingga sedang dan tutup supaya bumbunya meresap.
  • Tambahkan santan kental sambil aduk aduk hingga mendidih. Usahakan supaya santan tidak pecah ya.
  • Tambahkan gula pasir dan garam hingga cita rasanya sesuai selera. Jika berkenan dapat juga ditambahkan penyedap rasa sedikit ( atau bisa juga dengan royco rasa ayam ).
  • Siap di sajikan


Resep masakan opor ayam biasanya di sajikan saat ada acara khusus keluarga seperti arisan, kumpul keluarga besar, atau saat lebaran hari raya. Masakan opor ayam disajikan bersama nasi putih hangat. Sangat digemari anak anak karena cita rasanya yang gurih dan enak. Supaya lebih nikmat dapat ditambahkan sambal terasi atau sambal tomat. Belajar lebih banyak aneka masakan nusantara di resep masakan indonesia
adsense 336x280

0 Response to "Resep masakan opor ayam bumbu kuning"

Post a Comment